Peta fisik dunia adalah peta yang menggambarkan keadaan suatu tempat. Peta fisik menggunakan simbol-simbol untuk menunjukan lokasi bentang alam, seperti pegunungan, gurun, hutan, dan fitur daratan lainnya. Inilah beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari peta fisik dunia:

  1. Wilayah daratan. Kamu bisa mempelajari jenis daratan apa saja yang ada di suatu benua. Apakah ada pegunungan atau gurun?
  2. Perairan. Kamu bisa mempelajari berbagai danau, sungai, dan air terjun utama di suatu benua. Beberapa benua memiliki lebih banyak perairan daripada yang lain.
  3. Iklim. Iklim adalah cuaca tahunan di suatu tempat. Beberapa benua lebih dingin dan lembap atau lebih panas dan kering daripada yang lain.
  4. Tumbuhan. Kamu bisa mempelajari berbagai jenis tumbuhan di benua tertentu.
  5. Hewan. Tiap benua memiliki hewan khas. Apakah kamu tahu harimau hanya hidup di alam liar Asia?

 

Peta politik dunia adalah peta yang menunjukkan tempat masyarakat hidup. Warna membantu membedakan ukuran dan batas tiap negara. Inilah beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari peta politik dunia:

  1. Negara. Kamu bisa mempelajari negara-negara yang ada di suatu benua.
  2. Kota. Kamu bisa mempelajari kota-kota terpenting di suatu benua. Legenda peta akan menunjukkan ibu kota negara.
  3. Masyarakat. Kamu bisa mempelajari asal berbagai kelompok masyarakat di suatu benua, serta tempat tinggal, pekerjaan, dan jenis hiburan mereka.
  4. Bahasa. Beberapa bahasa digunakan di berbagai benua. Kamu bisa mengenal bahasa-bahasa yang banyak digunakan.
  5. Hasil. Bagian ini menjelaskan berbagai produk utama yang dihasilkan penduduk suatu benua.

Sumber: National Geographic Kids, Atlas Dunia Junior ( Lihat Buku )