Hampir semua orang ingin terlihat menarik, entah untuk motif apa. Menjadi cantik atau tampan sesuai dengan standar masyarakat bahkan menjadi sebuah keharusan manakala ingin menempuh kehidupan di dunia hiburan. Segala cara pun dilakukan untuk mempertahankan aset fisik tersebut, termasuk melawan sesuatu yang tidak mungkin dilawan, penuaan.

Menjadi tua ibarat sebuah teror yang sudah menunggu, bahkan sejak manusia lahir. Hanya saja orang-orang baru merasakannya ketika ada perubahan fisik seperti wajah, kulit, dan rambut. Beberapa figur publik dianggap awet muda, tidak tua-tua. Akan tetapi, yang sebenarnya terjadi adalah mereka menjadi tua, tetapi terlihat lebih muda dari kebanyakan orang seusia mereka.

Berbagai produk pun ditawarkan supaya orang-orang terlihat awet muda, mulai dari kosmetik, alat kesehatan, sampai yang sekarang sudah lazim dilakukan, operasi plastik. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih alami, murah, sehat, dan sederhana: memakan makanan yang bernutrisi.

Makanan yang membuat orang terlihat awet muda adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Vitamin dan mineral banyak dijumpai pada sayuran dan buah-buahan. Pada sayuran dan buah-buahan juga terkandung antioksidan yang sangat tinggi yang dapat menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh kita. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

Sayuran dan buah-buahan, terutama yang kandungan vitamin A, C, dan E-nya tinggi, mempunyai perannya masing-masing supaya tubuh terlihat awet muda. Sayuran seperti wortel, tomat, tauge, mentimun, lobak, dan buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang, pepaya, nanas, cherry, dan berbagai jenis buah berry (strawberry, raspberry, blueberry, blackberry) adalah beberapa diantaranya.

Sementara itu, sayuran hijau daun seperti bayam, kangkung, sawi, dan selada berperan dalam penambahan zat besi dalam tubuh sehingga sel darah merah yang rusak dapat dirombak dan diganti dengan yang baru. Oleh sebab itu, seseorang menjadi lebih fresh dan tampak awet muda.

Makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan kacang-kacangan juga dapat membuat seseorang tampak awet muda. Di dalam bahan makanan tersebut terkandung senyawa lesitin (kolin) yang berperan dalam penggantian sel-sel yang sudah tua. Senyawa tersebut juga memperlancar kerja otak sehingga otak dapat memproses semua kerja di dalam sel, jaringan, dan organ tubuh dengan baik.

Inilah salah satu faktor pendukung tetap awet mudanya seseorang karena tidak ada penggumpulan darah di otak (aliran darah lancar) yang bisa membuat orang menjadi stres dan terlihat lebih tua dari semestinya. Selain itu, senyawa protein juga dapat mengganti sel-sel tubuh yang rusak dan memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh.

Seperti halnya sayuran hijau, daging-dagingan seperti ayam dan sapi juga mengandung zat besi dalam jumlah yang besar. Di dalam bahan makanan tersebut juga terkandung HB (hemoglobin) yang mempunyai peranan dalam mengatur dan memperlancar aliran darah dan proses metabolisme di dalam tubuh.

Seseorang menjadi tidak mudah mengantuk dan lebih nyaman dalam melakukan aktivitas, tidak terlihat lelah, dan lebih tua dari usianya.
Menjadi tua itu pasti, hanya tergantung bagaimana orang menyikapinya. Mungkin, sebaiknya itu dimulai dari hal yang sederhana dulu. (JT)

Ditulis oleh Diana Irene dari White Lotus.