Timnas Yunani tampil mengejutkan di Euro 2012 dengan lolos ke babak perempat final setelah berhasil melewati hadangan Polandia dan Rusia di babak penyisihan grup. Ini mungkin kali kedua Yunani mengguncang dunia persepakbolaan setelah sebelumnya, pada tahun 2004, mereka tanpa diduga berhasil menjadi juara Eropa, pencapaian tertinggi yang bisa mereka raih sampai saat ini.

Mungkin sudah takdir bahwa pada malam pertandingan terakhir menghadapi Rusia, sang kapten, Giorgos Karagounis,  mendapatkan ‘giliran’ untuk menjadi pahlawan, dengan mencetak gol tunggal kemenangan timnya. Menguasai permainan hingga saat terjadinya gol Yunani di penghujung babak pertama, Rusia mencoba mengejar ketertinggalan pada babak kedua  namun tidak mampu menembus pertahanan Yunani, yang bermain defensif total sejak peluit babak kedua dimulai hingga pertandingan usai. Rusia harus kalah dan tersingkir secara tragis.

Dari sudut pandang tontonan, jujur saja, ini bukan pertandingan yang menarik, apalagi yang diperlihatkan oleh tim Yunani. Ini wajar, karena apa yang diharapkan untuk disaksikan dari sebuah tim yang sepanjang 45 menit bermain semata-mata untuk mematikan serangan lawan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.

Namun demikian, ini juga bukan pertandingan persahabatan. Tujuannya jelas, yakni lolos ke babak perempat final , dan Yunani melalukan apa yang memang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Tim Underdog

Para pemain Yunani menunjukkan semangat bertanding yang sangat tinggi, dan terlepas dari fakta bahwa secara kualitas individu mereka berada di bawah lawannya, mereka tetap bisa memenangi pertandingan. Sejak dari awal memang demikianlah rencana mereka, dan rencana tersebut mereka eksekusi dengan baik. Tidak ada yang salah dari itu. Mungkin hal inilah yang bisa kita sukai dari Yunani: Timunderdog yang mengalahkan tim favorit.

Yunani membuktikan bahwa mukjizat Euro 2004 mungkin sebenarnya sama sekali ‘bukan’ kebetulan. Tim Yunani ketika itu mungkin jelas-jelas kalah kelas dari tim besar seperti Prancis, Italia, Jerman, dan tim-tim kuat tradional lainnya. Tapi selama para pemain bertekad untuk berjuang habis-habisan dan mengerahkan segenap tenaga dan energi yang mereka miliki di lapangan, tim mana pun akan sulit menaklukkan mereka

Mencoba Menghadang Jerman

Kita akan menyaksikan Yunani  mencoba menghadang Jerman, tim yang paling difavoritkan untuk menjuarai Euro 2012. Bagi sebagian besar kita, ini mungkin hampir mustahil, dan ‘dalam hati’ mungkin kita juga tidak menginginkan hal tersebut terjadi, demikian pula pecinta bola di belahan dunia lain yang juga tidak ingin kecewa apabila satu tempat di semifinal Euro 2012 diisi oleh tim ‘ecek-ecek’. Tapi apabila ada tim yang bisa melakukannya, maka Yunani lah tim tersebut.  Ayo Yunani!!

Meda/Pecinta sepakbola (gambar: http://www.windsorstar.com)