Simulasi Euro 2012 telah dilakukan produsen game terkenal EA Sport. Melalui game terbaru mereka, EUFA EURO 2012, dibuatlah simulasi turnamen Euro 2012. Berbagai data pemain dan kondisi lapangan dimasukkan dan 16 tim diadu secara otomatis. Juara simulasi ini? Jerman. Prediksi ini dilakukan pada 1 Juni 2012, menjelang perhelatan Piala Eropa 2012.

EA Sport memiliki rekor yang cukup baik dalam menebak juara turnamen berdasarkan simulasi sistem permainan mereka. Juara Piala FA 2012 dengan tepat ditebak Chelsea, dan Spanyol juga dengan tepat ditebak menjuarai Piala Dunia 2012. Bahkan game Madden NFL dengan tepat menebak 7 juara dari 9 final SuperBowl (sepak bola AS). Jadi, apakah prediksi EA Sport kali ini benar? Mari kita lihat saja lebih lanjut.

Satu hal yang pasti, EA Sport sudah pasti salah dalam menebak lawan Jerman di final. Kenapa? Karena berdasarkan simulasi ini, lawan yang dikalahkan Jerman 2-1 di final adalah... Belanda. Padahal Belanda sendiri sudah harus angkat koper setelah terpuruk di grup B, dikalahkan Denmark, Jerman dan Portugal. Yah, namanya juga ramalan... (rps) (gambar: http://theoriginalwinger.com)