http://bleacherreport.comSetelah melempem di dua pertandingan awal, Cristiano Ronaldo mengamuk dengan mencetak dua gol di pertandingan terakhir grup B saat Portugal menyingkirkan Belanda 2-1. Gelandang serang Real Madrid ini tak hanya mencetak dua gol, tendangannya menghantam mistar gawang Belanda 2 kali. Di pertandingan ini Ronaldo juga menjadi pemain yang paling banyak menembak ke gawang dan mendorong timnya dengan kecepatan berlari yang hebat.

Dari statistik di bawah, Ronaldo tampaknya makin percaya diri di turnamen ini. Ia juga kelihatan menampilkan potensi luar biasa yang ia tampilkan ketika memenangkan Piala Liga Spanyol musim ini dan mencetak 60 gol buat Real Madrid.

Statistik Ronaldo di pertandingan Portugal v Belanda:

  • Ronaldo 12 kali menembak bola ke gawang di pertandingan Portugal lawan Belanda. Ini adalah jumlah terbanyak oleh satu pemain dalam satu pertandingan sejak Euro 1980
  • Tujuh dari tembakan Ronaldo dihasilkan dari luar area kiper. Dua golnya dicetak dari dalam area.
  • Gol pertama Ronaldo di Euro 2012 datang dari tembakan ke-14 ke gawang.
  • Penguasaan bola Ronaldo makin meningkat dalam 3 pertandingan terakhir (v Jerman: 49 detik; v Denmark: 1:01 menit dan v Belanda: 1:29 menit.)
  • Gol ke-33 Ronaldo membawanya ke posisi tiga dalam pemain terbanyak mencetak gol untuk Portugal, lebih banyak dari Luis Figo, namun masih kalah dari Pauleta (47) dan Eusebio (41)
  • Ronaldo adalah pemain Portugal pertama yang mencetak gol di 5 turnamen besar (Euro 2004, 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2006 dan 2010).

Untuk ulasan lebih dalam tentang Piala Eropa, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960, dapat dibaca di buku Ensiklopedia Kompetisi Sepak Bola Dunia. Buku referensi sepak bola terbaru penerbit Erlangga ini bisa langsung dimiliki dengan diskon khusus di toko buku online.  Jangan lupa, setiap pembelian buku ini berhadiah langsung bonus sang superstar, Cristiano Ronaldo. (rps) (gambar: http://bleacherreport.com)