Apakah anak-anak Ibu dan Bapak sudah pada masa pra-TK? Ingin mereka mulai mahir menghitung angka dan tahu soal huruf?

Buku baru keluaran Erlangga for Kids ini bisa membantu persiapan mereka memasuki dunia belajar.

Doc MscStuffins (Dottie) adalah anak perempuan keturunan Afrika-Amerika berusia enam tahun yang bercita-cita menjadi seorang dokter seperti ibunya. Ia senang sekali “membuka praktek” di rumahnya dan berpura-pura “menyembuhkan” mainan dan membuat “diagnosis” di “klinik perawatan” dengan bantuan teman dan boneka hewan yang dikoleksinya: Alma, Chilly, Emmie, Glo-Bo, Hallie, Jack, Kiko, Lambie, Owl,Squeakers dan Rhonda. Mereka semua peduli tentang cara menjaga kesehatan. Tidak heran jika Doc punya banyak alat medis seperti steteskop, mesin x-ray, suntikan vaksinasi dan beragam plester.

Melalui buku aktivitas, Doc akan menemani anak-anak selangkah demi selangkah ketika mencoba menulis huruf dan angka. Pengenalan huruf dan angka tersebut dimulai perlahan-lahan, diawali dengan kegiatan mempertebal garis putus-putus. Kemudian, berangsur-angsur anak akan disuruh melingkari benda yang memiliki huruf yang telah dipelajari. Misalnya, jika anak sudah mengerti huruf A, akan ada benda-benda yang punya huruf a: tas, palu, pompa. Begitu juga jika anak sudah paham huruf D, akan ada kata-kata seperti dokter, durian, hidung, daun, domba, tidur. Jika anak sudah tahu huruf G, akan ada perintah untuk membuat kotak di sekeliling huruf g. Tidak jarang pula ada aktivitas tambahan seperti mencari jalan keluar dari labirin, menemukan huruf tertentu di tengah-tengah huruf lain yang tersebar acak, mewarnai huruf atau menempelkan stiker sesuai jumlah yang diminta (entah itu satu, dua, tiga atau bahkan delapan, sembilan, sepuluh).

Seterusnya, anak akan diajak menebak huruf yang hilang dari sebuah kata. Contohnya, jika anak baru saja mempelajari huruf S, maka huruf s dalam kata suster, sakit, suntik, gores dan sepeda akan ditiadakan dan anak harus menulis huruf s yang hilang. Begitu pula jika anak sudah tahu huruf F, huruf M dan T–mereka akan diminta membubuhkan stiker, namun stiker hanya boleh dibubuhkan di benda yang memiliki huruf yang dimaksud. Jika anak berhasil mengerjakan tugas dengan baik, mereka berhak mendapatkan stiker bonus yang berisi pujian semacam: ini hebat! bagus! Ya! Kamu berhasil! Anak pintar! Super! Wow! Keren! Selesai! dan sejenisnya. Dengan demikian, anak akan semakin bersemangat.

Tumbuh-kembang, http://tumbuh-kembang.co.id/belajar-berhitung-dan-mengenal-huruf-secara-asyik, EFK, 5 April 2015