Sofia adalah anak perempuan yang beruntung. Saat umurnya tujuh tahun, dia dan ibunya (Miranda) berkunjung ke kerajaan untuk mengantar sepatu

pesanan Raja Roland. Tak disangka, sang raja menyukai Miranda dan menjadikannya ratu. Sofia pun pindah dari toko sepatu di desa ke istana yang megah. Dia juga mendapat saudara tiri baru, yaitu Putri Amber yang pintar memutar kipas dan Pangeran James yang ramah. Buku ini berisi bermacam-macam ilustrasi indah yang bertema kesibukan Sofia selagi beradaptasi dengan lingkungan para bangsawan, misalnya bagaimana ia harus belajar untuk bersikap anggun, bagaimana ia mesti datang ke pesta dansa dan dengan siapa saja ia bersahabat.

Selain mewarnai dan menikmati gambar yang cantik, anak-anak yang dikenalkan pada sosok Sofia juga akan diberikan contoh-contoh perbuatan yang patut diteladani. Sofia dan kebaikan hatinya, serta keahliannya berbicara dengan hewan, pantas dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Diharapkan anak-anak bisa meniru Sofia yang penuh kasih sayang, selalu bertutur kata lembut, bertingkah manis dan suka berbagi kebahagiaan.

Tumbuh-kembang, http://tumbuh-kembang.co.id/bermain-dan-belajar-bersama-putri-sofia/, EFK, 5 April 2015