Portal CBN, Selasa 24 Feb 2015, Mengenal Pahlawan Nasional, EFK, Online.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Itulah kata-kata yang sering kita dengar setiap kita membuka sejarah bangsa Indonesia ini. Namun


mengenal pahlawan tidaklah lengkap jika kita hanya menyebut namanya tanpa tahu kisah perjuangan mereka. Tak heran jika banyak sekali film atau buku sengaja di buat untuk mengenal lebih dekat dengan para pahlawan kita.

Buku dengan judul Mengenal Pahlawan nasional ini, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang pahlawan-pahlawan nasional kita. Buku ini terdiri dari 2 jilit, dimana masing masing buku akan menjelaskan dengan detail kisah dan perjuangan mereka dalam memperjuangakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ada sejarah tentang Ki Hajar Dewantoro, K.H.Samanhudin, dr Sutomo, Sukoharjo Wiryopranoto, untung Suropati Nyai Ahmad Dahlan, Cut Nyak Dhien, Prof. Dr. WZ. Johannes, serta masih banyak lagi nama-nama pahlawan Indonesia baik yang sering kita dengan ceritanya maupun pahlawan yang mungkin belum kita ketahui.

Dengan membaca perjalanan sejarah yang di paparkan dalam buku ini, kita bisa memberi pandangan kepada kalangan anak muda agar lebih sadar akan jasa para pahlawan sehingga bisa membuka wawasan agar lebih mencintai negeri ini. Cerita tentang sejarah para pahlawan ini di mulai dari dari zaman penjajahan Belanda, Inggris, Jepang hingga masa kemerdekaan yang sudah kita rasakan ini.

Menarik untuk di baca karena buku ini akan mengupas dengan lugas dan sederhana, apa yang ingin kita ketahui tentang perjalanan para pahlawan-pahlawan kita dalam memperjuangan bangsa Indonesia dengan gaya dan cara yang mereka lakukan. Dengan membaca buku ini, kita bisa menghargai semua dedikasi serta hidup para pahlawan dalam memperjuangankan dan membesarkan nama bangsa ini.(ida)