Islam adalah agama paripurna. Di dalamnya tercakup aturan yang lengkap untuk kehidupan di dunia dan bekal ke akhirat. Bekal itu mestilah dikumpulkan sedari seorang Muslim menginjak baligh.

Usia baligh rata-rata didapatkan saat seseorang duduk di bangku sekolah. Bekal agama bagi pelajar menjadi kian penting karena pelbagai masalah remaja yang kini menghantui.

Buku ini menyorot berbagai persoalan pelajar Muslim. Mulai dari tawuran, narkoba, pornografi, hingga seks bebas. Pemahaman Islam mendasar yang kuat diharapkan menjadi benteng para pelajar menghadapi godaan zaman.

Rangkuman Pengetahuan Islam Lengkap memang dibuat untuk materi pendamping Pelajaran Agama Islam (PAI) di sekolah. Materi-materi yang disajikan pun berkuta pada pengetahuan dasar dalam Islam, yakni akidah dan seputar sirah nabawiyah. Beberapa materi khas Islam nusantara seperti pesantren dan Islam di Indonesia juga dikenalkan.

Buku ini tersusun dalam 27 bahasan. Dalam mukadimahnya sudah diterangkan apa itu Islam, pengertian iman dan rukunnya. Termasuk apa saja yang tergolong cabang-cabang iman diterangkan secara padat dan ringkas. Berbagai macam kewajiban yang diemban manusia juga menjadi menu dalam mukadimah.

Dalam enam bab pertama, buku ini menjabarkan tentang masing-masing rukun iman kepada Allah SWT, malaikat, kitab-kitab, para rasul, hari akhir dan qadha dan qadar. Kekhususan buku ini adalah menggunakan pointer sebagai penjelasan. Cara itu dianggap memudahkan para pelajar yang merupakan segmen buku ini. Pembahasannya per bab cukup padat dan tak berbeli-belit. Untuk nama-nama Asmau Husna dan surah dalam Alquran disajikan dengan table. Tim penulis nampaknya berusaha memudahkan pencarian untuk pembaca jika memerlukan keterangan soal Asmaul Husna dan nama-nama surah dalam Alquran.

Pembahasan kemudian masuk dalam bab syahadat yang menjadi pondasi dasar akidah umat Islam. Lalu seperti halnya kitab-kitab klasik dalam literatus Islam, bab bersuci (thaharah) juga diterangkan. Lengkap hingga jenis najis dan cara dalam bahasa Indonesia.

Para pelajar dengan mudah bisa menghafalkan doa-doa, seperti doa makan, bangun tidur, keluar rumah, masuk masjdi, hingga doa istikharah. Tercata ada 39 doa yang dicantumkan. Nilai lebihnya adalah di setiap doa dicantumkan sumber atsarnya. Sehingga, amalan doa yang dibaca dipastikan ada dalil dari Alquran dan hadis Nabi SAW.

Bab yang dekat dengan pelajar juga tak luput dari bahasan. Seperti adab terhadap orang tua dan terhadap guru. Baru setelah itu materi dari sirah nabawiyah diketengahkan. Pembahasan yang cukup ringkas difokuskan pada beberapa hikmah keteladanan. Kisah berlanjut hingga Islam pada abad Bani Umayyah dan bani Abbasiyah.

Yang cukup menarik dari buku ini adalah pembahasan Islam di Nusantara. Di antara yang menarik adalah kisah tokoh muslim Indonesia, seperti KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim Asyahri, A Hassan, Rahmah El Yunusiyyah, hingga Zainuddin MZ.

Republika, Erlangga RPIL, Emir, Jumat, 9 Januari 2015, 8.