Halo Adik-adik, sudah lama ya kita tidak membaca petualangan Thomas and Friends? Nah, kali ini kit abaca lagi, yuk, judulnya Blue Mountain Mistery atau Misteri Gunung Biru.

Ceritanya, Thomas diminta membantu di Pertambangan Gunung Biru. Ia datang bersama teman-temannya, yaitu lokomotif uap Skarloey dan Merrick si Derek. Di Gunung Biru ada lokomotif kecil berwarna hijau yang bersembunyi di dalam terowongan. Sebelum Merrick menariknya keluar, ia harus melapor dulu ke Pak Pengawas Gendut yang matanya selalu mengantuk. Tapi Pak Pengawas tidak buru-buru mengeluarkan perintah. Ia harus membereskan dulu Mavis yang mogok di jalur rel Diesel dan Paxton. Kalau tidak dibereskan, lalu lintas kereta api bakal macet! Waduh, padahal Thomas sungguh penasaran dengan kehadiran si lokomotif hijau yang bersembunyi di dalam kegelapan.

Berhasilkah Thomas menarik lokomotif itu keluar? Siapakah dia dan mengapa ada di sana? Adik-adik bisa menemukan jawabannya di sini. Ayo berpetualang dan bantu Thomas memecahkan misteri Gunung Biru sambil melakukan aktivitas seru menempel stiker yang melengkapi buku ini. (Santi)

Nakita, Blue Mountain Mystery, EFK, No 822/TH. XVI 31 Des-6 Jan 2015, 35.