Nilai pasar ritel Indonesia telah berlipat ganda dalam lima tahun terakhir. Didukung pertumbuhan ekonomi negara yang baik, tingkat pertumbuhan yang sama diprediksi juga akan terjadi untuk lima hingga sepuluh tahun mendatang. Lanskap bisnis ritel Indonesia pun terus berubah dengan sangat cepat. Para peritel kecil kini berubah format dan ukuran menjadi raksasa-raksasa ritel. Pemain baru pun bermunculan dengan menawarkan produk dan layanan yang tak kalah unik. Namun tak sedikit pula peritel yang gulung tikar. Apa strategi terbaik untuk bertahan dan menang dalam persaingan bisnis ritel yang sangat ketat?

Buku ini memberikan insight bagi peritel, pemasok, pembuat regulasi, dan pemasar dalam melengkapi pengetahuan tentang sejarah ritel Indonesia dan dunia, menyempurnakan pengertian tentang seluk-beluk ritel, dan mengantisipasi bisnis ritel dengan visi masa depan. Dalam buku ini disajikan pula hal-hal mendasar yang harus dimengerti oleh semua kalangan yang berhubungan dengan ritel, sesuai dengan perjalanan ritel Indonesia yang unik. Buku ini juga menyajikan hal-hal mendetail yang membangun basis bagi pemikiran dan keputusan-keputusan penting, baik strategi maupun regulasi, serta pandangan futuristik bagi kemajuan bisnis ritel di Indonesia.

 

“Buku ini tak sekadar memaparkan sejarah dan perkembangan ritel di tanah air, namun juga memberi pemahaman tentang seluk-beluk bisnis ritel, mulai dari pengadaan infrastruktur dan logistik hingga gambaran ritel di masa depan.” –Esquire Januari 2011