Sekolah merupakan lembaga pendidikan kelompok pendidikan dasar dan menengah di jajaran kementrian pendidikan nasional. Kegiatan utama di lembaga ini adalah penyelenggaraan proses belajar dan mengajar, di ruang kelas maupun luar ruang kelas. Bentuk pelaksanaannya berupa kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan belajar tatap muka dalam alokasi waktu yang sudah diatur dalam struktur dan muatan kurikulum.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam tatap muka. Meskipun demikian, kegiatan ini mendatangkan kesenangan dan keasyikan tersendiri bagi siswa. Boleh jadi sebagai ajang dan wahana menciptakan suasana dan nuansa baru bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajara akademis.

Pada hakikatnya kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa  sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat siswa. Diasumsikan bahka setiap siswa akan memiliki kebutuhan, potensi, bakat dan minat yang berbeda. Oleh sebab itu siswa boleh memilih kegiatan apa yang cocok dengan dirinya. Namun demikian, sekolah telah melakukan penelusuran dan penjaringan terhadap kebutuhan siswa tersebut sehingga sekolah bisa menentukan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah.

Manfaat kegiatan ekstrakurikuler antara lain :

  1. Wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa.
  2. Upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi dan sosial siswa
  3. Dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan
  4. Dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.

Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah juga mempertimbangkan kondisi dan sarana prasarana yang ada. Misalnya kegiatan ekstrakurikuler olah raga prestasi dipilih yang memiliki sarana yang memadai. Vollyball, badminton, tenis meja, sepak takraw dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh sederhana. Dapat pula kegiatan yang berkaitan dengan dunia tulis menulis, internet dan blogging. Atau, saat ini lagi populer olimpiade mata pelajaran seperti olimpiade matematika, fisika, biologi, ilmu pengetahuan sosial dan lain sebagainya. Semua ini bisa diterapkan dengan membentuk kelompok olimpiade mata pelajaran.

Berdasarkan uraian di atas, kegiatan ekstrakurikuler telah menciptakan nuansa dan suasana pembelajaran yang bervariasi di sekolah. Kebosanan belajar dapat direduksi sedemikian rupa sehingga prestasi belajar anak dapat ditingkatkan secara optimal.

Sumber : matrapendidikan.com
Sumber Gambar : SERI KETERAMPILAN PRAMUKA: TALI-TEMALI

Ayo liput acara sekolahmu dan upload di website Penerbit Erlangga!

Liputan yang lolos seleksi akan muncul di kanal Kegiatan Sekolahku dan mendapatkan bingkisan menarik dari Penerbit Erlangga. Kirimkan hasil liputanmu melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Format artikel liputan Kegiatan Sekolahku :

  1. Liputan berkonsep 5W1H
  2. Dilengkapi foto dokumentasi
  3. Artikel liputan tidak lebih dari 500 kata