Untuk Kali Kelima, Penerbit Erlangga Raih

Top Brand for Teens Award


JAKARTA--Penerbit Erlangga kembali berhasil membawa pulang Top Brand for Teens Award untuk kali kelima sejak tahun 2013 dalam kategori Penerbit Buku Pendidikan. Erlangga berhasil mengungguli pesaingnya dengan Top Brand Index 69,3%. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Adyo Bawono, Director of Marketing Group dan diterima oleh Rizal Pahlevi, Marketing Communication Manager pada malam penganugerahan Top Brand for Teens Awards di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jumat, 5 Mei 2017.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selalu setia menggunakan buku Erlangga yang telah mengabdi bagi dunia pendidikan Indonesia selama 65 tahun. Kami semakin terpacu untuk terus menyediakan produk dan layanan berkualitas demi upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia,” ujar Rizal.

Frontier Consulting Group sebagai konsultan independen yang melakukan survei menjelaskan penghargaan bagi merek-merek yang paling top yakni Top Brand for Teens Award ini diberikan kepada merek-merek yang memenuhi dua kriteria yakni merek dengan Top Brand Index Minimum sebesar 10% dan berada dalam posisi Top Three dalam kategori produknya.

Adapun jumlah responden yang disurvei sebanyak 2.500 responden yang tersebar di 5 kota besar yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan dengan kriteria responden laki-laki dan perempuan usia 13-18 tahun atau yang duduk di bangku sekolah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling (penarikan sampel banyak). Untuk pengumpulan data di lapangan dilakukan pada Februari-Maret 2016, dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Sementara itu, analytical framework dari Top Brand for Teens sendiri diukur dari tiga komponen; top of mind awareness (didasarkan atas merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produk disebutkan), last used (didasarkan atas merek yang terakhir kali digunakan/dikonsumsi oleh responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (didasarkan atas merek yang ingin digunakan/dikonsumsi di masa mendatang).

Untuk diketahui, Penerbit Erlangga merupakan penerbit buku yang berdiri sejak tahun 1952, di tengah keprihatinan kondisi pendidikan nasional pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Kini, dalam usia 65 tahun Penerbit Erlangga telah membuktikan kesetiaan pada komitmennya untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia dengan menerbitkan buku-buku edukatif bermutu untuk semua jenjang pendidikan: mulai dari Prasekolah sampai Perguruan Tinggi dan bahkan untuk kalangan umum/profesional.

Tidak hanya menerbitkan buku-buku pelajaran yang berkualitas, Penerbit Erlangga juga aktif terlibat dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa, baik itu berupa pelatihan-pelatihan, seminar, lomba, maupun kegiatan edukatif lainnya.