Pada tanggal 16 September 2015, bertempat di Hall Area Gramedia Matraman, Penerbit Esensi meluncurkan novel terbaru karangan Lisa Genova yang berjudul STILL ALICE yang menjadi novel best seller di Amerika Serikat selama 59 minggu. Still Alice adalah karya pertamanya yang telah meraih banyak penghargaan, salah satunya adalah The 2011 Bexley Book of The Year.

Courtesy of Alzheimer Indonesia

Novel yang mengisahkan seorang psikolog kognitif cemerlang sekaligus ahli linguistik terkemuka bernama Dr. Alice Howland yang harus pada usia menginjak 50 tahun, Ia didiagnosis menderita serangan dini penyakit Alzheimer. Perjuangan keras menghadapi perubahan dalam hidup dan hubungan dengan keluarga pun ia jalani.

Dalam acara peluncuran novel STILL ALICE ini diadakan juga Talkshow Mengenal Alzheimer dengan narasumber, yaitu DY Suharya (Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia), dr. Yuda Turana (Kepala Pustikes Unika Atma Jaya), dan Yuki Anggia Putri (Editor Esensi) sebagai moderator. Acara ini dihadiri oleh puluhan peserta yang hadir yang terdiri dari media, caregiver, praktisi kesehatan dan umum. Dalam acara ini dilakukan perbandingan antara kenyataan Penyakit Alzheimer dengan fiksi yang disebutkan dalam novel STILL LICE yang kemudian dilakukan konfirmasi oleh para narasumber yang hadir. Proses ini menjadi suatu bahasan menarik terkait dengan perkembangan perjalanan penyakit Alzheimer secara medis dan pertumbuhannya di Indonesia secara khusus. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat mengedukasi masyarakat tentang bagaimana solusi dan sikap yang tepat dalam menghadapi penyakit yang belum bisa disembuhkan ini.