Seminar Nasional bertema “Penerapan Biologi Molekuler dalam Bioteknologi; Peluang dan Tantangannya” yang telah dilaksanakan Senin, 26 Mei 2014 lalu di kampus Pascasarjana UNM Makassar, berlangsung sangat ramai dan meriah. Keynote Speaker dalam acara ini adalah salah satu penulis buku kita, Prof. Dr. Fatchiyah, Ph.D., pengarang buku “Biologi Molekuler” dari Universitas Brawijaya Malang. Ada pun di Kampus Brawijaya sendiri, Ibu Fatchiyah menjabat sebagai Guru Besar dan Kepala Riset Laboratorium.

Dekan Fakultas MIPA UNM yang membuka langsung acara ini, Prof. Dr. Hamzah Opu. M.Ed, menyampaikan bahwa kegiatan Seminar Nasional seperti ini sangat penting untuk menambah khazanah ilmu para mahasiswa di luar segala sesuatu yang mereka terima dalam bentuk perkuliahan.

Seminar seperti ini, yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan penjelasan langsung dari para ahli dalam bidangnya, niscaya akan membuat para peserta memperoleh ilmu baru yang sebelumnya belum pernah mereka ketahui.

Ketua Jurusan Biologi –dalam hal ini Bpk. Dr. Drs. A. Muzawir Taiyeb.M.Kes.–  menjelaskan bahwa salah satu hal yang paling penting dan diwajibkan dalam Jurusan Biologi adalah kegiatan yang sifatnya ekstrakurikuler, yaitu Seminar Nasional. Ini jugalah yang mengangkat Jurusan Biologi menjadi jurusan paling produktif dalam pelaksanaan berbagai kegiatan (termasuk juga kegiatan ini, tercakup di dalamnya). Penerbit Erlangga berharap, adanya kegiatan seperti ini akan memampukan semua peserta seminar mendapat pencerahan dalam hal keilmuan. Selain itu diharapkan juga agar mereka semakin mengetahui bahwa Penerbit Erlangga membuat buku-buku yng dapat memperkaya pengetahuan mereka dan ikut menyebarluaskannya ke rekan-rekan mereka.

Dalam acara yang sponsor utamanya adalah Penerbit Erlangga ini, hadir perwakilan dari Penerbit Erlangga Cabang Makassar, Bpk. Dodi Wahyudi. Dalam sambutannya, Bpk. Dodi menyampaikan bahwa kiprah Penerbit Erlangga dalam dunia pendidikan kini bukan hanya dalam hal penyediaan buku referensi untuk Mahasiswa saja. Penerbit Erlangga juga turut mendukung berbagai kegiatan mahasiswa yang bersifat massal, termasuk seminar ini di antaranya.

Pemberian pengetahuan produk (product knowledege) kepada konsumen merupakan hal yang sangat penting. Namun demikian, untuk menyampaikan rahasia cara penggunaan buku sesuai proses penyusunannya, penulisnya sendirilah yang paling bisa melakukannya. Itulah sebabnya Penerbit Erlangga kerap menghadirkan berbagai narasumber di hadapan para mahasiswa. Itulah bagian dari service kami dalam “Melayani Ilmu Pengetahuan” sejak 1952.

Terakhir, melalui forum tersebut dijelaskan juga bahwa PT. Penerbit Erlanggga Cabang Makassar membuka dengan sangat lebar, kesempatan bagi seluruh dosen yang ada di jajaran UNM Makassar untuk menulis dan menerbitkan buku jika seandainya ada yang memungkinkan untuk diterbitkan di Erlangga. Ajakan ini juga ditujukan juga bagi para mahasiswa yang memiliki kegemaran menulis. (Tim Penerbit Erlangga Makassar)