KEMERIAHAN GRAND FINAL ERLANGGA ENGLISH SPEECH CONTEST 2013

“SISWA BERANI BICARA LEWAT BAHASA INGGRIS”

 

JAKARTA, 30 Oktober 2013. MENEGANGKAN!! Itulah ucapan pertama yang dilontarkan salah satu finalis SMP kota Pontianak pada Puncak acara Erlangga English Speech Contest 2013. Acara ini terlebih dulu dibuka oleh Bapak Raymond Sitompul (selaku salah satu pimpinan Editorial buku Penerbit Erlangga), dan dilanjutkan dari perwakilan dewan juri Bapak Dwi Wahyu. Acara ini telah berhasil diadakan untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam tiga tahun. Konsep acara lomba pidato Bahasa Inggris ini diadakan di tiga jenjang berbeda, yaitu SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Antusias peserta yang berpartisipasi di tahun ini mengalami peningkatan, dimana pendaftar di jenjang SMP mencapai 1.900 siswa, jenjang SMA mencapai 2.000 siswa, dan jenjang SMK mencapai 900 siswa, sehingga hampir sebanyak 5.000 pelajar SMP, SMA dan SMK di Indonesia ikut meramaikan kemeriahan acara tahunan PT Penerbit Erlangga ini.

Di babak grand final seluruh peserta terbaik dari 13 kota penyelenggara: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Makassar, Pontianak, Lampung (15 finalis SLTP, 12 finalis SLTA, dan 10 finalis SMK) bersaing memperebutkan juara 1-3 untuk setiap jenjangnya. Mereka mengeluarkan kemampuan terbaik dalam teknik berpidato serta konsep pemikiran yang matang dalam menjawab pertanyaan juri,


“acara ini sangat bagus dan kompetitif, untuk meningkatkan sikap dan mental siswa untuk menjadi seorang juara”, ungkap juara 1 jenjang SMP (Nathan P.). Selain itu salah satu guru pendamping dari wilayah Pekanbaru (Ibu Rita) mengungkapkan “acara ini dapat membuat siswa menjadi lebih pede, menambah pengetahuan siswa dan meningkatkan teknik berargumentasi siswa lebih baik. Beliau juga menambahkan ucapan terima kasih kepada Penerbit Erlangga, atas pelayanan yang baik dan bukti kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Setelah seluruh finalis tampil, dan melalui proses penjurian yang sangat ketat, maka terpilih juara-juara untuk setiap jenjang:

JENJANG SMP/MTs

Nama Finalis

Nama Sekolah

Keterangan

Nathan Pantjadarma

SMPK Rajawali Makassar

Juara 1

Anugerah Pekerti Islamilenia

SMPN 02 Semarang

Juara 2

Dendely Wiyan Sutanmitrano

SMP Methodist 3 Medan

Juara 3

JENJANG SMA/MA

Nama Finalis

Nama Sekolah

 

Aldo Muhes

SMA Cendana Pekanbaru

Juara 1

Jessenia Agnes Salim

SMA WR. Supratman 1 Medan

Juara 2

Pricilla Gunadi

SMAK IPEKA Sunter Jakarta

Juara 3

JENJANG SMK/MAK

Nama Finalis

Nama Sekolah

 

Nadia Tanjung

SMK Methodist Charle Wesly Medan

Juara 1

Adam Julian F.

SMKN 41 Jakarta

Juara 2

Nurina Ahmadhani

SMKN 1 BALIKPAPAN

Juara 3

Juara pertama untuk setiap jenjang mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000 beserta dana pembinaan sekolah+paket hadiah menarik, juara kedua untuk setiap jenjang mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 4.000.000 beserta dana pembinaan sekolah+paket hadiah menarik, dan juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000 beserta dana pembinaan sekolah+paket hadiah menarik. (David G.S.)

Selamat untuk para juara Erlangga English Speech Contest 2013

DARE TO SPEAK!!!