Setelah sekian lama menerbitkan buku-buku populer, ESENSI-salah satu divisi dari Penerbit Erlangga-kini meluncurkan novel terbarunya. Tidak tanggung-tanggung, kali ini ESENSI meluncurkan novel karya Zara Zettira ZR, penulis novel terkenal di era 90-an, dalam edisi dwibahasa (Indonesia & inggris). Novel terbaru karya Zara Zettira ZR ini berjudul Cerita dalam Keheningan, yang dalam edisi bahasa inggrisnya berjudul Every Silence has a Story.



Senin, 22 Desember 2008, pukul 15.00 WIB di SOHO Music, Senayan City, Jakarta, novel terbaru Zara Zettira ZR ini diluncurkan. Tidak kurang dari 50 media, baik cetak maupun elektronik, hadir pada acara tersebut. Tidak ketinggalan juga para penggemar serta pembaca novel Zara, dengan antusias mengikuti acara ini. Peluncuran buku yang berlangsung selama 2 jam ini juga dimeriahkan dengan kehadiran sahabat-sahabat Zara, salah satunya ialah Alvin Adam, seorang presenter acara show biz news di Metro TV. Alhasil, acara ini dipenuhi nuansa nostalgia antara para penginjung dengan Zara. Menurut penuturan Theresia Vini, dari ESENSI, novel ini merupakan karya pertama Zara yang diterbitkan di Indonesia semenjak 10 tahun dirinya meninggalkan Indonesia.

Sesuai isi novel, tema yang diusung ESENSI dalam acara peluncuran buku ini ialah “Cinta dan Kehidupan”. Menurut penuturan Zara, ia merangkai cerita tentang kisah hidup dan perenungannya dengan gaya bahasa yang lebih dewasa namun mudah dicerna. Zara juga menuturkan bahwa novel ini ia tulis untuk mengajak pembacanya menyelami perjalanan hidup Zaira, tokoh utama dalam cerita ini. Kisah Zaira yang penuh lika-liku mencerminkan betapa kerasnya kondisi yang pernah dialaminya. Namun, pada akhirnya, ia mampu untuk bangkit dan menemukan dirinya kembali.

Di akhir perbincangan, Zara menuturkan bahwa novel ini pada hakikatnya mengajak kita semua untuk memahami bahwa dunia ini bisa menjadi tempat yang lebih nyaman untuk dinikmati. Bahwa di balik semua perbedaan-perbedaan yang ada, semua manusia sebetulnya sama. Mengubah pandangan kita terhadap segala bentuk cobaan dan penderitaan. Mengantarkan kita pada kehidupan yang lebih sederhana. Begitu sederhananya, sehingga dalam keheningan sekalipun, kita mampu mendengar dan belajar mengenai kehidupan yang sejati.