Ramadhan adalah bulan yang paling penting dan suci bagi umat Islam. Allah SWT  mewajibkan  seluruh muslim untuk menunaikan puasa pada bulan ini karena Allah SWT memberikan lebih banyak pahala untuk ibadah dan rahmat di bulan ini.

Para fukaha  mengatakan bahwa Ramadhan  adalah sebuah bulan yang berlimpah dan mulia yang dapat membuat seorang Muslim, yang menghargai dan menghabiskan waktu dengan ibadah, memperoleh pahala sebanyak pahala ibadah 80 tahun. Beberapa ulama berpendapat bahwa Ramadhan berarti “membakar”,  “membakar” yang dimaksud dalam hal ini yaitu bulan untuk membakar atau melebur ego dan dosa kita semua.

Ramadhan memiliki nama-nama lain yang merupakan bukti bahwa Ramadhan demikian populer hingga mengugah para ulama untuk menamainya dengan berbagai julukan. Nama-nama itu adalah:

1. Syahrullahi = bulan Allah. Bulan ini Allah sandarkan kepada diri-Nya sendiri karenanya bulan ini dinamakan bulan Allah.

2. Syahrul Qur’an = bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan karunia bagi manusia yakni al-Quran..

3. Syahrun Najah = bulan pelepasan dari adzab neraka.

4. Syahrul jud = bulan memberikan keikhlasan kepada sesama manusia dan melimpahkan bantuan kepada fakir miskin atau bulan bermurah tangan.

5. Syahrul muwasah = bulan memberikan pertolongan kepada yang berhajat.

6. Syahrut Tilawah = bulan membacakan Al-Qur’an atau bulan menekunkan diri untuk memahami makna Al-Qur’an.

7. Syahrush Shabri = bulan melatih diri bersabar dalam melaksanakan tugas-tugas agama, sabar terhadap ujian hidup dengan ridla hati.

8. Syahrur Rahmah = bulan Allah limpahkan rahmat-Nya kepada hamba-Nya.

9. Syahrul ‘Id = bulan yang merayakan hari berbuka dan berhari-raya.